•  
Jumat, 30 Juli 2010 - 21:31:48 WIB
ASPEK LEGAL PELAYANAN KEBIDANAN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kebidanan - Dibaca: 20098 kali

PENGERTIAN BIDAN

MENURUT IBI:

Adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan bidan yang telah diakui pemerintah dan lulus ujian sesuai persyaratan yang berlaku, dicatat, diberi ijin secara sah untuk menjalankan praktik.

KEPMENKES NOMOR 900/ MENKES/SK/ VII/2002  bab I pasal 1:

Bidan adalah seorang wanita yang telah mengikuti program pendidikan bidan dan lulus ujian sesuai persyaratan yang berlaku.

MENURUT WHO:

Bidan adalah seseorang yang telah diakui secara regular dalam program pendidikan kebidanan sebagaimana yang telah diakui skala yuridis, dimana ia ditempatkan dan telah menyelesaikan pendidikan kebidanan dan memperoleh izin melaksanakan praktek kebidanan.

INTERNATIONAL CONFEDERATION of MIDWIFE:

Bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk melaksanakan praktek kebidanan di negara itu.

PENGERTIAN KEBIDANAN

Kebidanan adalah ilmu yang terbentuk dari sintesa berbagai disiplin ilmu atau multi disiplin  yang terkait dengan pelayanan kebidanan meliputi  ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu sosial, ilmu perilaku, ilmu budaya, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu manajemen, untuk dapat memberikan pelayanan kepada ibu dalam masa pra konsepsi, hamil, bersalin, post partum, dan bayi baru lahir. Pelayanan kebidanan tersebut meliputi pendeteksian  keadaan abnormal pada ibu dan anak, melaksanakan konseling dan pendidikan kesehatan terhadap individu, keluarga dan masyarakat.

Kebidanan adalah seni dan praktek yang mengkombinasikan keilmiahan, filosofi dan pendekatan pada manusia sebagai syarat atau ketetapan dalam pemeliharaan kesehatan wanita dan proses reproduksinya yang normal, termasuk kelahiran bayi yang mengikutsertakan keluarga dan atau orang yang berarti lainnya. Lang,1979.

PERATURAN DAN PERUNDANGAN YANG MENDUKUNG KEBERADAAN PROFESI BIDAN

  1. KEPMENKES NO. 49/1968 tentang Peraturan Penyelenggaraan Sekolah Bidan.
  2. NO. 363/MENKES/ PER/ IX/ 1980, 27 SEPTEMBER 1980, tentang Wewenang Bidan.
  3. NO.623/MENKES/ PER/ IX/ 1989, 25 SEPTEMBER 1989, tentang  Perubahan atas Peraturan No. 363/ Menkes/ Per/ IX/ 1980, tentang wewenang bidan.
  4. Kepmenkes No. 900/ Menkes/ SK/ VII/ 2002, tentang Registrasi dan Praktek Bidan.